animasi bergerak gif
My Widget
Islam, Sains, Dan Teknologi: Revolusi bumi dan akibatnya

Friday, June 22, 2012

Revolusi bumi dan akibatnya



Revolusi bumi dan akibatnya:
Revolusi bumi adalah peredaran bumi mengelilingi matahari, satu kali revolusi memerlukan waktu 365,25 hari atau 1 tahun. Adapun bidang orbit bumi ketika mengelilingi matahari disebut sebagai bidang eliptika, arah revolusi bumi berlawanan dengan arah jarum jam, akibat dari adanya revolusi bumi maka terjadi:
A. Terjadi gerak semu tahunan matahari, gerak semu matahari seolah-olah matahari bergerak dari utara keselatan dan sebaliknya. pada gerak semu matahari posisi matahari pada tanggal 21 Maret - 21 Juni matahari bergerak dari 0 derajat ke arah Garis Balik Utara = 23,5 derajat kemudian 21 Juni - 23 September matahari bergeser lagi dari GBU ke arah kathulistiwa, 23 September - 22 Desember matahari bergerak menuju GBS, 22 Desember - 21 Maret matahari dari GBS bergerak kembali ke arah katulistiwa, demikian seterusnya.
B .Terjadi perbedaan lamanya siang dan malam, akibat kedudukan bumi yang miring sebesar 23,5 derajat menyebabkan terjadinya perbedaan lama siang dan malam, pada saat posisi matahari berada tepat diatas garis katulistiwa ( 21 Maret dan 23 September) semua posisi di bumi kecuali kutub mempunyai waktu siang dan malam yang sama yakni 12 jam, ketika matahari berada di GBU maka bumi belahan utara mengalami waktu siang lebih lama dari pada malam, belahan selatan mengalami siang lebih pendek daripada malam, sedang pada waktu matahari berada pada GBS belahan selatan mengal;ami siang lebih lama dari pada malam dan sebaliknya belahan utara mengalami siang lebih pendek dari pada malam.
C. Pergantian musim, adanya revolusi bumi dan kemiringan bumi sebesar 23,5 derajat mengakibatkan terjadinya pergantian musim, :
  1. 21 Maret- 21 juni , posisi kutub utara makin condong kearah matahari dan kutub selatan menjauh dari matahari, berakibat belahan utara mengalami musim semi dan belahan selatan mengalami musim gugur.
  2. 21 Juni - 23 September kutub utara condong ( dekat) matahari dan kutub selatan makin menjauhi matahari berakibat belahan utara mengalami musim panas dan belahan selatan mengalami musim dingin
  3. 23 September - 22 Desember, kutub utara menjauhi matahari dan kutub selatan makin condong ke matahari berakibat belahan utara mengalami mengalami musim gugur dan belahan selatan mengalami musim semi
  4. 22 Desember - 21 Maret . kutub utara jauh dari matahari dan kutub selatan condong ke matahari, akibatnya belahann utara mengalami musim dingin dan belahan selatan mengalami musim panas

No comments:

Post a Comment