animasi bergerak gif
My Widget
Islam, Sains, Dan Teknologi: Keajaiban Dan Manfaat Shalat Tahajjud

Monday, September 17, 2012

Keajaiban Dan Manfaat Shalat Tahajjud


Shalat tahajjud adalah shalat sunnat yang dikerjakan di malam harisetelah terjaga dari tidur. Shalat tahajjud termasuk shalat sunnat mu'akad (shalat yang dikuatkan oleh syara'). Shalat tahajjud dikerjakan sedikitnya dua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Dengan mengerjakan shalat tahajjud selain kita mendapatkan pundi-pundi pahala dari Allah, shalat tahajjud memberikan banyak sekali manfaatnya bagi kita.

Manfaat shalat tahajjud diantaranya menghapus dosa-dosa yang dilakukan siang hari, menghindarkannya dari kesepian dialam kubur, mengharumkan bau tubuh, menjaminkan baginya kebutuhan hidup,shalat tahajjud juga dipercaya memiliki keistimewaan lain, dimana bagi orang yang mendirikan shalat tahajjud diberikan manfaat, yaitu keselamatan dan kesenangan di duniadan akhirat.


Shalat tahajjud juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. "KETENANGAN" yang kita peroleh dari melaksanakan sholat tahajjud mampu meningkatkan ketahanan tubuh imunologik, mengurangi resiko terkena penyakit jantung dan meningkatkan usia harapan hidup.
Sebaliknya, bentuk-bentuk tekanan mental seperti Stres maupun Depresi membuat seseorang rentan terhadap berbagai penyakit, infeksi dan mempercepat perkembangan sel kanker serta meningkatkan metastasis (penyebaran sel kanker). Tekanan mental itu sendiri terjadi akibat gangguan irama sirkadian (siklus bioritmik manusia) yang ditandai dengan peningkatan Hormon Kortisol. Perlu diketahui, Hormon Kortisol ini biasa dipakai sebagai tolok ukur untuk mengetahui kondisi seseorang apakah jiwanya tengah terserang stres, depresi atau tidak. 




Tahajjud Harus Secara Ikhlas & Kontinyu
 karena pada saat yang sama, shalat tahajjud pun Bisa Mendatangkan Stres, terutama bila Dengan begitu, keikhlasan dalam menjalankan shalat tahajjud menjadi sangat penting. Shalat tahajjud yang dijalankan dengan tepat, kontinyu, khusuk, dan ikhlas dapat menimbulkan persepsi dan motivasi positif sehingga menumbuhkan coping mechanism yang efektif. 

Subhanallah... Ternyata Shalat Tahajjud memiliki banyak sekali manfaat bagi kita. Mengapa kita tidak melatih dan membiasakan diri kita untuk melaksanakannya sejak dini ?? Mari kita mendekatkan diri kita kepada Allah melalui Shalat Sunnat Tahajjud. Semoga semua yang kita lakukan mendapatkan ridho dari Allah. Amin..!!

No comments:

Post a Comment