animasi bergerak gif
My Widget
Islam, Sains, Dan Teknologi: Ada berapa banyak PLANET di ALAM SEMESTA?

Wednesday, July 3, 2013

Ada berapa banyak PLANET di ALAM SEMESTA?



Ketika kita masih kecil,kita mengetahui bahwa hanya ada 9 planet dan hanya terdapat di tata surya kita sendiri.Planet-planet berbatu,empat gas raksasa,Bulan,Asteroid,Komet dan objek di Sabuk Kuiper (pada waktu itu hanya Pluto dan Charon) adalah semua yang kita tahu di tata surya.

Tata surya

Tapi ini hanya dunia di sekitar matahari kita (anggota tata surya),yang sekarang terdiri dari 8 planet.Matahari kita adalah salah satu dari sekitar dua sampai empat ratus miliar bintang di galaksi Bima Sakti kita dan saat kita melihat ke langit di waktu malam,kita pasti pernah bertanya-tanya berapa banyak bintang yang memiliki planet mereka sendiri dan bagaimana bentuk dunianya.

Perbandingan

Ada banyak bintang besar di galaksi kita, Matahari kita adalah salah satu contoh - bintang G-class - dari tujuh jenis bintang yang berbeda.

Kelas bintang

Kita mungkin berpikir matahari kita sebagai tipikal dan di sisi relatif redup,karena jumlah yang tidak proporsional dari bintang yang terlihat oleh mata kita di langit malam adalah  bintang kelasO, B, dan A.Namun dalam kenyataannyaMatahari lebih besar dan lebih terang dari 95% bintang di galaksi kita.Bintang-bintang katai merah - bintang kelas-M - yang bermassa hanya 40% massa Matahari banyak terdapat di galaksi kita.Dengan perbandingan 3 dari 4 bintang di galaksi kita adalah katai merah.

Bintang dapat berkelompok,contohnya berpasangan (Bintang Biner), Bertiga (trinaries),atau kelompok / cluster yang mengandung ribuan sampai ratusan ribu bintang.

Maksudnya adalah inijika Anda ingin secara akurat memperkirakan berapa banyak planet yang ada di galaksi kita,Anda tidak bisa hanya mengambil jumlah planet yang ada di tata surya dan mengalihkan dengan jumlah bintang di galaksi kita.Itu suatu perhitungan naif dan tak ada bukti akurat.Tapi jika hanya untuk bersenang-senang,kita akan mendapatkan planet sekitar dua sampai3 trilyun planet di galaksi kita.Dan seperti yang kita tahu dari tata surya kita sendiri bahwa ada berbagai macam permukaan planet dan bisa terlihat seperti di bawah ini.

http://astronesia.blogspot.com/

Selama dua dekade terakhir,kita sudah aktif mencari planet-planet yang ada di luar tatasurya yang di sebut Exoplanet. Kami sudah mencari dengan beberapa metode yang berbedapada kenyataannyadan dua paling produktif adalah metode “stellar wobble” di mana Anda dapat menyimpulkan massa dan radius planet (atauserangkaian planetdi sekitar bintang dengan mengamati bagaimana "goyangan"gravitasi selama jangka waktu yang lama:

stellar wobble

Dan metode transitdi mana cahaya yang datang dari bintang yang jauh sebagian diblokir oleh disk dari planet di tata suryanya yang lewat di depannya.


NASA Kepler Mission, misalnya, yang telah menemukan ratusan (bahkan ribuan)Exoplanet dengan melihat bidang-pandang yang mengandung sekitar 100.000 bintang.Tapi itu tidak berarti bahwa hanya ada beberapa planet-per-seratus-bintang.


Merkurius dan Mars terlalu kecilyang berarti mereka tidak memblokir cukup cahayamatahariuntuk dapat dideteksi dengan Keplerdan empat exoplanet luar, meskipunberukuran besar,akan memakan waktu yang lama agar kepler bisa melihat orbitnya dan mengamati lebih dari satu transit, itu suatu keharusan bagi calon planet.

Jadi ini berarti bahwa jika Kepler sedang melihat 100.000 bintang yang mirip dengan Matahari kita,maka dia akan menemukan 410 bintang dengan total 700 planet di sekitar mereka.

http://astronesia.blogspot.com/
Transit planet yang di temukan kepler

Seperti saat ini, Kepler telah menemukan lebih dari 11.000 bintang dengan setidaknya satukandidat sistem planetary dan lebih dari 18.000 planet potensial yang berada di sekitar bintang-bintang itu dengan jangka waktu mulai dari 12 jam hingga 525 hari. Dengan kata lain, ada: 

- Berbagai macam sistem planet di luar sanayang sebagian besar sangat berbedadari sistim planet kita sendiri

Mengorbit berbagai bintang, termasuk sistem biner dan trinary,

- Kita juga akan melihat planet besar yang mengorbit sangat dekat dengan bintangnya

Anda mungkin telah tahu pekan ini bahwa setidaknya ada 100 hingga 200 miliarplanet di Bima Sakti kita,itu benar tapi itu masih batas bawah dari perhitungan.

Dengan kata lain, berdasarkan apa yang telah kita lihat sejauh inisebagian besarbintang cenderung memiliki planetdan berdasarkan apa yang telah kita lihat dalamsistem tata surya kita bahwa pada sisi dalam tata surya sebagian besar cenderung memiliki planet berbatu.

Belum lagi kita menghitung planet yatim piatu (planet tanpa bintang induknya), yang kita sudah tahu keberadaaannya, tapi kita belum tahu seberapa banyak jumlah mereka.Seiring waktukami akan terus belajar lebih banyak dan memperbaiki perkiraan kami,setidaknya ada banyak bintang yang memiliki planet di galaksi kita,sangat mungkin banyak,dan bahkan lebih banyak delapan kali lipatnya dari perkiraan sebelumnya.

http://astronesia.blogspot.com/
Posisi Matahari di Bima Sakti

Saat ini kita sedang berbicara tentang triliunan planet di galaksi kita sendiri. Tapi ingatgalaksi kita tidak sendirian di alam semesta.


Setidaknya ada 200 miliar galaksi di luar sana atau bahkan lebih,dan mungkin planet di alam semesta ini sekitar 1024 planet atau 1.000.000.000.000.000.000.000.000planet di alam semesta ini.Bahkan jumlah itu baru perkiraan dan akan terus bertambah dan bertambah.

Mari kita terus mencari, karena tidak hanya mencari planet sematatetapi untukmencari planet yang bisa mengandung airoksigen, dan tanda-tanda kehidupanseperti bumi kita.

Sumber : Science blog

Note :  
Ada banyak planet di jagat raya ini,,menimbulkan pertanyaan baru di benak kita.Apakah kita sendirian di alam semesta yang luas ini?menurutku we are not alone.

No comments:

Post a Comment