animasi bergerak gif
My Widget
Islam, Sains, Dan Teknologi: 28 Juta tahun lalu, ada meteor yang sapu bersih permukaan bumi

Sunday, October 13, 2013

28 Juta tahun lalu, ada meteor yang sapu bersih permukaan bumi

28 Juta tahun lalu, ada meteor yang sapu bersih permukaan bumi
Sebuah penelitian berhasil mengungkap bahwa ada kemungkinan yang telah menyapu bersih wilayah bumi pada 28 juta tahun lalu adalah sebuah komet.

Sebuah bukti yang terdapat pada bros yang dimiliki oleh raja Tutankhamen dari Mesir mengungkapkan bahwa sekitar 28 juta tahun lalu, tepatnya di gurun Sahara, sebuah meteor jatuh menabrak bumi.

Seperti dikutip dari National Geographic (11/10), ledakan meteor setelah menumbuk bumi tersebut melahirkan kekuatan yang maha dahsyat dengan panas sebesar 2000 derajat Celcius dan menyapu lebih dari 2,300 mil persegi di Sahara.

Seketika setelah panas tersebut menyapu daerah itu, pasir dan segala hal di sekitarnya meleleh menjadi sebuah hamparan yang mirip permukaan gelas silika berwarna kuning.

Bertahun-tahun setelahnya, seseorang yang akhirnya menjadi raja di Mesir itu berhasil menggunakan pecahan yang diperkirakan adalah sisa kerikil meteor tersebut serta menggunakan bubuk dari kaca silika itu dalam bros yang dimilikinya.

Penemuan serta bukti tersebut sangatlah penting karena dapat dijadikan rujukan untuk menyingkap formasi dan awal mula kehidupan di bumi.

Sayangnya, walaupun mengklaim bahwa bros tersebut merupakan bukti bahwa 28 juta tahun tersebut ada meteor yang berhasil menyapu sebagian besar permukaan bumi, namun para peneliti masih kesulitan menemukan letak tumbukan meteor dengan tanah tersebut terjadi.

"Tidak ada tanda dan kita masih belum menemukan letak pasti di mana meteor tersebut meledak," jelas Davin Block, seorang astronom dari Wits University di Johannesburg, Afrika Selatan.

No comments:

Post a Comment